Ramuan Alami Penambah Nafsu Makan Anak

Usia  balita adalah fase yang disebut sebagai golden age  atau usia emas dimana perkembangan otak anak mencapai 80%. Inilah sebabnya sangat penting memberikan nutrisi yang mencukupi kebutuhannya mulai dari  usia 0 hingga 5 tahun. Pemenuhan nutrisi walaupun bukan satu-satunya penunjang tetapi mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi pembentukan kecerdasan baik IQ maupun EQ. Bila anak mengalami kekurangan nutrisi pada saat balita, tumbuh kembangnya tak akan bisa optimal dan setelah berusia 5 tahun hal ini akan sulit diperbaiki. Lalu bagaimana bila anak tidak doyan makan? Apakah penambah nafsu makan anak atau balita bisa membantu? Berikut ulasannya.

penambah nafsu makan anak

Jamu-Jamuan Tradisional Penambah Nafsu Makan Anak
Pada usia balita pemenuhan nutrisi adalah hal yang wajib karena otak membutuhkan energi sebanyak 20% dari tubuh. Agar tumbuh kembangnya tidak terganggu, pemenuhan gizi secara lengkap juga seimbang harus dilakukan. Yang dimaksud pertumbuhan di sini adalah penambahan berat serta tinggi badan anak.

Sementara yang disebut perkembangan adalah kemampuannya untuk beraktivitas fisik serta kognitifnya yang tak boleh diabaikan oleh orang tua. Dalam memenuhi nutrisi yang seimbang bagi buah hati, asupan makanan setiap hari harus mencukupi kebutuhan karbohidrat, mineral, vitamin, lemak, dan protein, juga asam lemak omega 3 dan DHA yang berperan untuk mendukung perkembangan otak.

Bila balita Anda malas makan karena berbagai alasan, jangan terburu-buru memberikannya penambah nafsu makan anaktanpa petunjuk dokter. Ingatlah bahwa anak yang montok atau gemuk bukanlah ciri-ciri yang ideal untuk disebut sehat, melainkan memiliki berat dan tinggi badan yang sesuai dengan rentang usia. Jadi Anda tak perlu khawatir bila sesekali buah hati Anda malas makan asalkan grafik pada KMS (Kartu Menuju Sehat) miliknya meningkat atau tetap.

Suplemen multivitamin yang diberikan untuk anak harus disesuaikan dengan usia, berat badan, jenis kelamin, serta riwayat kesehatan agar tak terjadi efek samping merugikan bagi kesehatan buah hati. Pada anak usia balita dokter memang memberikan suplemen atau penambah nafsu makan pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya, menderita gizi buruk atau mengalami alergi bawaan. Sebelum memberikan produk penambah nafsu makan untuk balita, Anda bisa mencoba ramuan tradisional yang bisa dibuat sendiri berikut ini.

1. Ramuan temu lawak
a) Bahan-bahan:
  • 20 gram rimpang temu lawak
  • 10 gram asam jawa
  • 30  gram gula
  • 250 ml air

b) Cara membuat:
Cuci bersih temu lawak hingga tak tersisa bekas tanahnya lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 250 ml air menggunakan panci yang tak terbuat dari aluminium.  Tambahkan asam jawa dan biarkan hingga ramuan berkurang sekitar 100 ml. Matikan kompor dan dinginkan ramuan kemudian disaring. Dosis ramuan adalah, ¼ gelas untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun, sekali sehari.

2. Ramuan temu hitam
a) Bahan-bahan:
  • ¼ kg temu hitam (ireng)
  • 1 gelas santan kental murni
  • Gula jawa secukupnya
  • Garam secukupnya

b) Cara membuat:
Temu hitam dicuci sampai bersih kemudian diparut dan dicampur sedikit air. Peras parutan temu hitam untuk mendapatkan sarinya. Berikutnya, campurkan santan, gula jawa, dan sedikit garam lalu direbus hingga ramuan berbentuk bubur. Dosis penambah nafsu makan anak 4 tahun ini adalah 70 ml per hari dan dikonsumsi selama 5 hari berturut-turut.

Agar anak tertarik menyantap hidangan yang telah Anda siapkan, cobalah menyajikannya dengan bentuk-bentuk yang lucu serta menarik.  Selamat mencoba!
loading...

Related Posts

Ramuan Alami Penambah Nafsu Makan Anak
4/ 5
Oleh