Pantingnya Kalender Kehamilan Sebagai Pengingat Usia Kandungan

Advertisement
Salah satu cara untuk mengetahui usia kehamilan yakni dihitung dari hati pertama haid haid terakhir, hal tersebut sudah biasa dilakukan oleh ibu hamil agar dapat mendeteksi lamanya waktu kehamilan. Sedangkan cara mengetahui usia kehamilan yang lebih mudah biasanya dilakukan dengan hitungan minggu maupun hati, kalender kehamilan lebih dipercaya karena lebih terperinci jika dibandingkan dengan mengetahui kehamilan secara bulan.

Janin yang ada dalam kandungan perut ibu hamil yang mengalami perkembangan dengan melewati beberapa fase kehamilan, yang akan terjadi selama masa kehamilan. Pada setiap fase kehamilan, janin pun akan mendapatkan perhatian yang berbeda - beda. Karena itulah kenapa ibu hamil harus mengetahui usia kehamilan.

kalender_kehamilan

Sangatlah penting buat ibu hamil agar mempelajari cara mengetahui usia kehamilan. Karena hal ini dapat membantu ibu hamil melakukan hal yang tepat saat menjaga janin dalam kandungan, salah satu contohnya yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat pada usia kehamilan tertentu.

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dengan Metode Kalender
Cara yang mudah untuk ibu hamil yakni dengan metode perhitungan kalender. Metode ini dapat dilakukan dengan cara mengetahui usia kehamilan dan bisa dipraktekkan di rumah secara langsung oleh ibu hamil.

Cara mengetahui usia kehamilan dengan kalender ini biasanya dimulai saat haid pertama haid terakhir, biasanya disebut dengan HPHT. Dengan menggunakan metode kalender kehamilan ini maka ibu hamil akan mengetahui juga tentang hari perkiraan lahir atau HPL. HPHT juga yang nantinya akan menjadi satu patokan untuk hari pertama kehamilan.

Para dokter juga akan memiliki asumsi sendiri dari cara mengetahui usia kehamilan, yakni para dokter memiliki konsepsi bahwa pembuahan biasanya akan terjadi pada hari ke-14 pada siklus haid seorang wanita. Maka atas dasar inilah para dokter akan dapat menghitung usia kehamilan.

Namun karena tidak semua wanita dapat mengingat siklus haid mereka, maka ada rumus tertentu yang biasanya dapat digunakan sebagai cara untuk mengetahui usia kehamilan. Rumus tersebut yakni (tanggal HPHT +7), (bulan pada saat haid terakhir -3), (tahun pada haid terakhir +1).

Jika HPHT seorang wanita terjadi pada bulan yang tidak dapat dikurangi 3 yakni pada bulan Januari, Februari, Maret, maka bulan haid terakhirnya cukuplah ditambah 9 saja. Sedangkan untuk tahun haid terakhirnya tetap saja ditambah 1.

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dengan Pemeriksaan USG
Salah satu cara untuk mengetahui usia kehamilan dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi dipercaya sebagai cara yang paling akurat jika dibandingkan dengan cara mengetahui usia kehamilan yang lainnya. Karena keakuratan pemeriksaan kehamilan dengan USG agar mengetahui usia kehamilan ini dapat mencapai 95%. Dan bahkan untuk pemeriksaan USG sebagai cara untuk mengetahui usia kehamilan dapat dilakukan dengan beberapa pilihan yakni 2D, 3D, maupun 4D.

loading...